-->
  • Featured Post

    Sedikit tentang Multiple Intelligence

    Multiple Intelligence merupakan sebuah teori yang digagas oleh Dr. Howard Gardner dan rekan-rekannya di Harvard University. Gardner mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah dan menciptakan produk yang bernilai budaya. Ia mengatakan bahwa psikologi dan pendidik…

    Resep wedang empon-empon

     Alang – alang

    • khasiat alang-alang

                    Rasa akar alang-alang manis. bersifat sejuk,masuk meridian paru-paru,lambung, dan kandung kemih. Alang-alang berkhasiat pereda demam (anti piretik),peluruh kencing (dieuritik), menyejukkan dara untuk menghentikan pendarahan. dan menghilangkan rasa haus.

    • Resep

                    Untuk obat yang diminum :

                    Rebus akar alang-alang kering (15-30 gram), bila menggunakan yang masih segar maka jumlahnya kira-kira 30-60 gram, sedang untuk bunga sekitar 5-10 miligram, dan tunas muda 5-10 gram. Bisa juga akar ditumbuk dan diperas airnya, atau yang kering digiling untuk dijadikan bubuk

    Aplikasi Teori Kognitif dalam kegiatan pembelajaran

             Hakekat belajar menurut teori kognitif dijelaskan sebagai suatu aktifitas belajar yang berkaitan dengan penataan informasi, reorganisasi perseptual, dan proses internal. Kegiatan pembelajaran yang berpijak pada teori belajar kognitif ini sudah banyak digunakan. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangkan strategi dan tujuan pembelajaran, tidak lagi mekanistik sebagaimana yang dilakukan dalam pendekatan behavioristik. Kebebasan dan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar amat diperhitungkan, agar belajar lebih bermakna bagi siswa. Sedangkan kegiatan pembelajarannya mengikuti prinsip - prinsip sebagai berikut.

    Teori belajar bermakna Ausubel

     

                   Teori-teori belajar yang ada selama ini masih banyak menekankan pada belajar asosiatif atau belajar menghafal. Belajar demikian tidka banyak bermakna bagi siswa. Belajar seharusnya merupakan asimilasi yang bermakna bagi siswa. Materi yang dipelajari diasimilasikan dan dihubungkan dengan pengetahuan yang telah dimiliki siswa dalam bentuk struktur kognitif.

                    Struktur kognitif merupakan struktur organisasional yang ada dalam ingatan seseorang yang mengintegrasikan unsur-unsur pengetahuan yang terpisah-pisah ke dalam suatu unit konseptual. Teori kognitif banyak memusatkan perhatiannya pada konsepsi bahwa perolehan dan retensi pengetahuan baru merupakan fungsi dari struktur kognitif yang telah dimiliki siswa. Yang paling awal mengemukakan konsepsi adalah ausubel.

    amalan Mempermudah rezeki dan melunasi hutang

             Salah satu pintu solusi terbesar adalah menyibukkan diri dengan doa-doa yang membuka pintu rezeki, mempermudah penyebabnya, sekaligus menolak kesempitan akibat utang, yang mendatangkan kehinaaan dan kesedihan di malam dan siang hari manusia. Jika seseorang bersegera menuju allah, apalagi dengan doa-doa khusus di bab ini, niscaya apa yang dipanjatkannya segera terkabul dan yang di cita-citakkannya lekas tercapai. Ada banyak riwayat tentang topik ini dari Nabi Saw. dan para pendahulu kita.Beberapa diantaranya akan kami sebutkan.

    Teori belajar Bruner

     

    Jerome Bruner (1966) Menandai perkembangan kognitif manusia sebagai berikut :

    a. Perkembangan intelektual ditandai dengan adanya kemajuan dalam menanggapi suatu rangsangan

    b. Peningkatan pengetahuan tergantung ada perkembangan sistem penyimpanan informasi secara realis

    c. Perkembangan intelektual meliputi perkembangan kemampuan berbicara pada diri sendiri atau pada orang lain melalui kata-kata atau lambang tentang apa yang telah dilakukan dan apa yang akan dilakukan. Hal ini berhubungan dengan kepercayaan pada diri sendiri.

    d. Interaksi secara sistematis antara pembimbing, guru atau orang tua dengan anak diperlukan bagi perkembangan kognitifnya.

    e. Bahasa adalah kunci perkembangan kognitif, karena baasa merupakan alat komunikasi antara manusia. Untuk memaami konsep-konsep yang ada diperlukan bahasa. Bahasa diperlukan untuk mengkomunikasikan suatu konsep kepada orang lain.

    f. Perkembangan kognitif ditandai dengan kecakapan untuk mengemukakan beberapa alternatif secara simultan, memilih tindakan yang tepat,dapat memberikan prioritas yang berurutan dalam berbagai situasi.

    Subscribe Our Newsletter