-->
  • Featured Post

    Sedikit tentang Multiple Intelligence

    Multiple Intelligence merupakan sebuah teori yang digagas oleh Dr. Howard Gardner dan rekan-rekannya di Harvard University. Gardner mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah dan menciptakan produk yang bernilai budaya. Ia mengatakan bahwa psikologi dan pendidik…

    Sedikit tentang Multiple Intelligence

             Multiple Intelligence merupakan sebuah teori yang digagas oleh Dr. Howard Gardner dan rekan-rekannya di Harvard University. Gardner mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah dan menciptakan produk yang bernilai budaya. Ia mengatakan bahwa psikologi dan pendidikan telah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mempelajari kecerdasan didalam ruang tes dan kedua disiplin ini harusnya lebih banyak melihat dalam dunia nyata untuk mencari contoh-contoh cara manusia memecahkan masalah dan menciptakan berbagai produk penting bagi perkembangan budaya. Setelah meneliti berbagai jenis kemampuan, kompetensi dan keterampilan yang digunakan di seluruh dunia, Dr Gardner akhirnya menyusun daftar delapan kecerdasan dasar yang menurutnya bisa mencakup berbagai jenis kecerdasan.

            1. Kecerdasan verbal atau linguistik.

                Kecerdasan verbal adalah kemampuan untuk menggunakan kata yang efektif. Dalam kehidupan sehari - hari, kecerdasan verbal bermanfaat untuk berbicara, mendengarkan, membaca apapun dan menulis apapun.

            2. Kecerdasan Logis atau Matematis

                Kecerdasan logikal melibatkan cara mengolah angka dan atau kemahiran menggunakan logika atau akal sehat. Ini adalah kecerdasan yang digunakan ilmuwan ketika menciptakan hipotesis dan dengan tekun mengujinya dengan data eksperimental.

            3. Kecerdasan Visual atau spasial.

                Ini adalah kecerdasan gambar atau visualisasi. Kecerdasan ini melibatkan kemampuan untuk memvisualisasikan gambar di dalam kepala seseorang atau menciptakannya dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi.

            4. Kecerdasan Bodily atau Kinestetik jasmani

            Kecerdasan kinestetik jasmani adalah kecerdasan seluruh tubuh.

            5. Kecerdasan Musikal

            Kecerdasan musikal melibatkan kemampuan untuk menyanyikan sebuah lagu, mengingat melodi musik, mempunyai kepekaan akan irama atau sekedar menikmati musik. Dalam kehidupan sehari-hari, kita mendapat manfaat dari kecerdasan musikal setiap kali kita menyanyikan paduan suara, memainkan alat musik, dan menikmati musik di TV, radio atau CD.

            6. Kecerdasan Interpersonal

            Kecerdasan ini melibatkan kemampuan untuk memahami dan bekerja sama dengan orang lain, mulai dari kemampuan berempati pada orang lain sampai kemampuan manipulasi sekelompok besar orang menuju suatu tujuan bersama.

            7. Kecerdasan Intrapersonal.

            Ini adalah kecerdasan memahami diri sendiri dan kecerdasan untuk mengetahui siapa diri kita sebenarnya.

            8. Kecerdasan Naturalis

            Kecerdasan ini melibatkan kemampuan mengenali bentuk-bentuk alam di sekitar kita. Ini juga mencakup kepekaan terhadap bentuk-bentuk alam lain.


    Mind Mapping (Peta Pikiran)

            mind mapping adalah teknik pembuatan grafik yang menyediakan kunci-kunci umum untuk mengoptimalkan potensi otak dengan memanfaatkan kata-kata, image, nomor, logika, irama, warna dan dimensi dan disajikan dalam pola yang unik. Sistem ini merupakan metode mencatat kreatif yang memudahkan untuk mengingat banyak informasi dan mempresentasikannya secara akurat dan menyenangkan..

                Mind mapping menirukan proses berpikir model atau jaringan karena melibatkan kedua belah otak (kiri dan kanan) sehingga kita dapat mengingat infomasi dengan lebih mudah. Mind Mapping memungkinkan kita meramu  gagasan-gagasan yang disampaikan dengan cara yang berbeda, kemudian menemukan hubungan-hubungan baru dari gagasan-gagasan tersebut.

                  

    Sumber :

    Ariany Surfah.2017. Multiple Intelligence for Islamic Teaching. Jakarta. Cerdas Interaktif

    Komentar

    Subscribe Our Newsletter