-->
  • Featured Post

    Sedikit tentang Multiple Intelligence

    Multiple Intelligence merupakan sebuah teori yang digagas oleh Dr. Howard Gardner dan rekan-rekannya di Harvard University. Gardner mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah dan menciptakan produk yang bernilai budaya. Ia mengatakan bahwa psikologi dan pendidik…

    Resep wedang empon-empon

     Alang – alang

    • khasiat alang-alang

                    Rasa akar alang-alang manis. bersifat sejuk,masuk meridian paru-paru,lambung, dan kandung kemih. Alang-alang berkhasiat pereda demam (anti piretik),peluruh kencing (dieuritik), menyejukkan dara untuk menghentikan pendarahan. dan menghilangkan rasa haus.

    • Resep

                    Untuk obat yang diminum :

                    Rebus akar alang-alang kering (15-30 gram), bila menggunakan yang masih segar maka jumlahnya kira-kira 30-60 gram, sedang untuk bunga sekitar 5-10 miligram, dan tunas muda 5-10 gram. Bisa juga akar ditumbuk dan diperas airnya, atau yang kering digiling untuk dijadikan bubuk

    Bangle

                    Bangle dari suku temu-temuan.

    • ·         Cara mendapat bangle.

                    Cara budidaya  menggunakan rimpang, pemeliharaan mudah dan menghendaki sedikit naungan. Perbanyakan dengan stek rimpang. Panen Rimpang dilakukan setelah tanaman berumur 1 tahun. Produksi rimpang segar 10-30 ton/ ha.

    • ·         Bagian tanaman yang digunakan.

                    Rimpang dan daun

    • ·         Khasiat Bangle

                    Bangle dapat mengobati demam, sakit kepala, sakit perut, batuk, masuk angin, rematik, cacingan, sembelit, dan ramuannya ampuh untuk mengecilkan perut setelah melahirkan, menurunkan panas, meluruhkan kentut, meluruhkan dahak, efek mukolitik (mengencerkaan secret saluran nafas), membersihkan darah, pencahar, dan meluruhkan cacing dan usus. Bagian yang dipakai sebagai obat adalah rimpang dan daunnya.

                    Rimpang :

                    1. Sakit kuning

                    2. Demam, sakit kepala

                    3. Batuk berdahak

                    4. Perut nyeri, masuk angin

                    5. sembelit

                    6. Sakit kuning

                    7. Cacingan

                    8. Reumatik

                    9. Ramuan jamu pada wanita setelah melahirkan

                    10. Mengecilkan perut setelah melahirkan.

                    11. Kegemukan.

                    Daun :

                    1. Kurang nafsu makan

                    2. Perut terasa penuh.

    • ·         Resep

                    1) Kepala pusing karena demam dan nyeri sendi. cuci bersih 2 jari rimpang bangle segar lalu parut. Tambahkan sedikit air sampai terbentuk adonan seperit bubur. jika pusing, piliskan adonan pada dahi dan dibagian nyeri sendi.

                    2) Perut mulas

                    Cuci bersih 10 gram rimpang bangle segar, 10 gram lempuyang wangi, 10 gram jahe dan 10 gram kencur. Parut semua bahan lalu rebus dengan gelas. Minum sekaligus selagi hangat 1 kali sehari di saat mulas.

                    3) Demam dan masuk angin.

                    Cuci bersih 15 gram rimpang bangle segar 15 gram lempuyang wangi, 15 gram jae dan 15 gram kencur. Parut semua bahan, rebus bahan  dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum 2 kali masing-masing 1/2 gelas.

    Belimbing  Wuluh.

    • ·         Cara mendapat belimbing wuluh

                    Belimbing wuluh merupakan tanaman buah asli Indonesia yang mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus.

    • ·         Bagian tanaman yang digunakan

                    Daun,ranting muda, bunga,dan buah.

    • ·         Khasiat belimbing wuluh

                    Belimbing wuluh merupakan salah satu tanaman obat yang dapat dimanfaatkan untuk obat anti hipertensi. Tanaman ini juga memiliki potensi menurunkan glukosa darah. Secara farmakologi telah terbukti bahwa rebusan daun belimbing wuluh dengan pemberian secara oral pada dosis 500 mg/kg. tidak memberikan efek hipotermia tetapi memberikan antipiretik dan mengurangi efek inflamasi. Ekstrak khoroform daun belimbing wuluh sangat efektif membunuh pertumbuhan bakteri staphyllococccus aureus, bacillus cereus, dan corney bacterum diptheria karena mengandung senyawa flavonoid tipe luteoin dan apigenin. Selain itu daun belimbing wuluh secara tradisional dimanfaatkan untuk mengobati sakit perut, encok, demam gondok. Buahnya untuk gejala darah tinggi, sariawan, obat batuk, mengobati sakit perut, gondongan ( porotitis) gusi berdarah sakit gigi berlubang, jerawat, panu, kelumpuhan, memperbaiki sistem pencernaan, dan radang rektum.

    4. Binahong

    • ·         Cara mendapat tanaman binahong

    Tanaman ini biasanya diperbanyak secara generatif (biji) namun  lebih sering dikembangbiakkan secara vegetatif melalui akar rimpangnya.

    • ·         Bagian tanaman yang digunakan

                    Daun dan batang.

    • ·         Khasiat Binahong

    Daun binahong mengandung soponin, alkaloid, dan polifenol. Karena kandungan saponinnya,

    binahong berkhasiat sebagai antibakteri sehingga banyak digunakan sebagai penyembuh luka, termasuk luka setelah operasi. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa binahong memiliki aktivitaas antioksidan dan aktivitas anti kejang. Disamping itu binahong juga dapat menyembuhkan batuk dan radang paru-paru. tanaman ini secara empiris dilaporkan dapat menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.

    • ·         Resep

                    1. Batuk dan radang paru-paru.

        10 lembar daun binahong direbus. lalu diminum dilakukan setiap hari selama 1 hingga 6 bulan.

        2. Untuk menyembuhkan luka biasa atau borok daun dan batang binahong ditumbuk halus,       kemudian dioleskan pada yang sakit.

    5. Brotowali

                    senyawa yang paling penting yang terdapat pada batang brotowali diduga merupakan senyawa tinokrisposid yang memiliki aktivitas sebagai anti malaria, anti inflamasi dan anti diabetes.

    • ·         Bagian yang digunakan

      Batang

    • ·         Cara mendapat Brotowali

      Cara perbanyakan tanaman ini sangat mudah yaitu dengan stek batang.

    • ·         Khasiat brotowali.

            Batang herba brotowali secara tradisional digunakan sebagai obat anti diabetes, tekanan darah tinggi, anti malaria, dan penambah nafsu makan. Brotowali dapat memberikan efek farma kologis, yaitu analgesik ( obat yang mengurangi atau melenyapkan rasa nyeri tanpa menghilangkan kesadaran). anti prietik (obat yang menurunkan suhu tubuh yang tinggi) anti inflamasi (anti peradangan), anti koagulan (zat yang mencegah penggumpalan darah. ) tonikum ( penambah stamina ketika lemah dan pemulih setelah sakit) anti periodikum ( obat pengatur haid), stomatik ( penambah nafsu makan) dan diuretik ( peluruh ari seni) selain itu dapat mengobati rematik, arthritis, rematik sendi pinggul, memar, demam, merangsang nafsu makan, demam kuning, mencuci koreng, kudis, dan luka-luka.

    •     Resep 
    1) Rematik

                Satu jari batang brotowali dicuci dan dipotong potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 1/2 Gelas. Setelah dingin disaring, ditambah madu secukupnya, minum sehari 3x 1/2 gelas.

        2) Demam kuning 

    Komentar

    Subscribe Our Newsletter