-->
  • Featured Post

    Sedikit tentang Multiple Intelligence

    Multiple Intelligence merupakan sebuah teori yang digagas oleh Dr. Howard Gardner dan rekan-rekannya di Harvard University. Gardner mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah dan menciptakan produk yang bernilai budaya. Ia mengatakan bahwa psikologi dan pendidik…

    Seni Komunikasi Verbal #1

         DARIMANA DATANGNYA KESAN PERTAMA

        Ucapan yang membuat il-feel

            Orang yang merugi dalam kesan pertama adalah orang yang sudah berpenampilan kurang rapi, gaya bicara yang kurang elegan atau elok dan orang yang sering membanggakan diri sendiri. Gaya bicara yang terbata-bata dan samar-samar juga dilikai tidak tegas dan cakap dalam kepemimpinan, padahal seorang pemimpin dinilai dari cara bicaranya, dan hal tersebut merupakan kelemahan yang fatal. Publik tidak mungkin mengtahui orang seperti apa ia sebenarnya. Mereka hanya bisa menilai dari kesan yang dipancarkan saat berbicara.

        Tidak ada Kesempatan Kedua dalam Percakapan

        Gaya pidato yang jenaka dan ceria, ia memberikan kesan yang hangat. Ia keluar dari citra orang yang kaku dengan humor-humornya dan menjadi lebih dekat dengan rakyat atau orang. Gaya tersebut juga membuat pandangan yang kuat terasa lebih akrab.

        Bagi seorang politikus senda gurau bisa menjadi faktor yang merugikan. Namun, ia merangkulnya dengan baik, sehingga ia yang tadinya bukan siapa-siapa dalam sekejap menjadi politisi idola. untuk membuat lawan bicara terpesona orang yang bernama Lee Geum Hee hanya berbicara seperlunya dan lebih banyak mendengar penuturan lawan bicaranya. Ia seakan mampu mendekap seluruhnya, baik ucapan maupun emosi lawan bicaranya.

        Lee Geum Hee memberitahukan trik berbicaranya, yaitu :

        "Pertama, tatap mata lawan bicara." Menurut sebuah statitik, persentase sebuah perusahaan memilih pegawai baru karena kesan pertama mencapai 66%. Adapun waktu yang dibutuhkkan untuk menentukan kesan pertama seseoran berturut-turut adalah 1 menit, 5 menit, begitu melihat, 3 menit dan 10 menit. Dapat diketahui bahwa ucapan singkat merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan kesan pertama.

        Paras, dandanan, pakaian, dan gaya rambut yang baik memang tidak bisa diabaikan. Namun, tidakkah anda melupakan ucapan yang sebenarnya begitu penting? ucapan adalah sarana penting untuk menilai seseorang secara keseluruhan. Melalui ucapan, kita memperoleh kesan baik dari lawan bicara dan dapat menunjukkan sisi menarik diri kita kepada lawan bicara.

    "NYAWA"

    LOGIKA

        Ucapan logis merupakan Dasar

         Seorang Mahasiswi yang bermimpi ikut kontes kecantikan mendatangi saya. Ia memiliki tubuh dan wajah yang menarik. Terlebih, tidak tampak ada masalah berarti pada cara bicaranya. Suaranya halus dan stabil. Masalahnya terletak pada laur bicaranya yang berantakan. Seperti tidak terbiasa berpikir logis sehingga ucapannya terdengar tidak berkesinambungan.

        Ucapan mencerminkan keadaan seseorang apa adanya. Kita dapat langsung mengetahui apakah seseorang itu logis atau tidak hanya dengan berbincang sebentar dengannya. 

        Berbicara soal ucapan logis, kita tidak bisa melupakan jurnalis Son Suk Hee. Melalui  program 100 minutes Discussion dan Son Suk Hee's Spotlight, kita bisa melihat kemampuan berbicaranya yang logis dan spontan. Untuk melatih kemampuan berbicara yang logis dan spontan  yakni anda melakukan lima hal berikut :

    1. Memberikan alasan yang tepat untuk argumen anda
    2. Hindari lompatan logika dan melebih-lebihkan
    3. Konsisten dalam bersikap
    4. Gunakan kata-kata sederhana
    5. Tetap tenang 
    MENGUNGKAPKAN DIRI LEWAT STORYTELLING
        Saat Diminta Berbicara, Berceritalah
        Mengucapkan salam merupakan cara memperkenalkan diri saat wawancara. Ada satu kesalahan yang biasanya dilakukan saat wawancara, yaitu sibuk menyebutkan spesifikasi, bisa disadari karena kita atau anda ingin memberitahukan kelebihan anda sebanyak mungkin.
       Oleh sebab itu, diperlukan storytelling.  Cerita yang menembus hingga ke dasar hati tidak hanya akan menutupi kekurangan yang dimiliki, tetapi juga mencipatakan nilai lebih tersendiri. Storytelling yang baik membutuhkan empat hal (tema, konflik, simpati, dan solusi) dan dua faktor tambahan (pembalikan dan alasan)
          Di samping keempat faktor tersebut, ada faktor tambahan yang saya pikirkan. Faktor ini tidak masalah jika tidak ada, tetapi akan lebih efektif jika ada. "pembalikan" berfungsi memberikan kejutan pada jalan cerita yang membosankan. Alur cerita yang sama sekali tidak bisa ditebak akan memancing rasa penasaran dan konsentrasi dan semakin lama pasokan tenaga profesi semakin meningkat, sedangkan permintaan semakin berkurang dengan storytelling, klien akan menganggukan kepalanya untuk anda.
     
    PENYEBAB TAKUT BICARA
    Trauma Salah Ucap
        Gugup kadang membuat sesorang melakukan banyak kesalahan sehingga jika dia pengusaha pesanan milyaran hilang. Berbicara merupakan daya saing yang sangat penting dalam bisnis. sehingga jika tidak bisa menguasainya maka mau tidak mau akan tersingkir.
         Ciri-ciri gejala trauma adalah :
    • Berbicara terbata-bata
    • Suara kecil dan bergetar
    • Gagap berlebihan
    • Tidak berani menatap mata orang lain.
         Sebagian besar orang yang menampakkan gejala seperti itu karena merasa tidak percaya diri yang disebabkan oleh luka psikologis saat tumbuh dewasa, atau merasa rendah diri. Jadi, cara mengatasi trauma dengan cara memulihkan rasa percaya diri dan berubah menjadi orang yang mampu berbicara dengan cerdas.
     
     Membuang Rasa Takut
        Namun, kenapa Barrack obama tidak terbata-bata dan cara bicaranya tidak gagap? sederhana, karena ina menjadikan treuma dan rasa rendah dirinya sebagai energi untuk tumbuh dan  menarik dirinya terus menerus. Dan penyebabnya jelas. Ia mnegubah trauma dan rasa rendah dirinya menjadi semangat menantang. Ia mencintai apa yang dikerjakannya lebih dari  siapa pun dan rasa percaya terhadap dirinya sendiri sangat besar. Dalam pidato di upacara kelulusan Universitas Stanford, ia berpesan agar mencari pekerjaan yang benar benar disukai.
        "stay hungry ! stay foolish"
        Keyakinan diri inilah yang membuatnya diakui sebagai ahli berbicara secara tegas, lugas dan jelas.
        Barrack Obama dan Steve Jobs memiliki rasa percaya diri yang tinggi karena berhasil mengatasi trauma dan rasa  rendah diri yang disebabkan oleh keadaan mereka yang malang. dan kita harus terbebas dari luak atau rasa rendah diri yang membuat kita tidak berani berbicara kepada orang lain. dengan demikian, kita akan dapat berbicara dengan sorot mata tajam dan menyentuh hati pendengar.
        Mari kita ketahui beberapa tip untuk menghilangkan rasa gugup, antara lain :
    1. Membuat Karikatur pendengar /membayangkan audiens yang mendengarkan cerita.
    2. Menghindari Merendahkan Kapasitas Diri Saat Memperkenalkan Diri.
    3. Mempelajari Konten dengan baik.
    4. Mengucapkan kata kata positif dengan penuh keyakinan.
                                             LENGKAPI DENGAN BAHASA NONVERBAL
     
           Pidato yang mengguncang Amerika
         Hilarry Rodham Clinton biasa menggunakan buku agendanya saat berbicara  secara mendadak. Dibuku agendanya terdapat catatan peribahasa, kata mutiara, serta isu-isu seputar sosial, budaya dan ekonomi. Segala persiapan yang dilakukan membuat pidatonya mengandung emosi yang lebih kuat dari pada orang lain. ditambah dengan artikulasi dan nada bicaranya yang baik.
        Kemudian sorot matanya yang penuh percaya diridan gesturnya menempati porsi besar dalam menyukseskan pidatonya. 
     
        90% Ucapan Dibentuk Oleh Suara dan Gerak Tubuh.
        Albert Mehrabian, psikolog sekaligus pakar komunikasi Amerika menyebutkan bahwa suara dan gerak tubuh merupakan unsur yang sangat penting berbicara. Menurutnya, ucapan dipengaruhi 7% oleh isi, 38% oleh suara, dan 55% oleh gerak tubuh. Suara dan gerak tubuh dapat membuat perbedaan besar terhadap isi ucapan yang sama.
     
         Mari kita lihat lima unsur nonverbal untuk memikat hati para pendengar :
    • Berpenampilan yang Baik     
    obrolan dimulai dari pertemuan antara seseorang dengan orang lainnya sehingga kesan pertama amatlah penting. Seseorang menilai lawan bicaranya dalam waktu yang singkat sehingga kita harus memiliki penampilan yang berkesan, dimulai dari gaya rambut, karena rambut memegang peran yang penting dalam menunjukkan karakter. Oleh karena itu, rapikan rambut yang dapat menunjukkan nilai dan pekerjaan anda.
        Begitu juga dengan pakaian. Pilihlah dress atau kemeja formal yang dapat menunjukkkan gaya anda.
    •    Selalu Tersenyum
         Kita mudah tertarik dengan orang yang berwajah cerah dan tenang. Sebaliknya, orang-orang akan menjauh dari orang yang berwajah gelap dan gelisah. Senyum memiliki daya untuk membuat hati yang melihatnya menjadi gembira dan akan merambat kepada banyak orang dalam waktu yang singkat. oleh karena itu, biasakanlah bersenyum
        Senyum tidak hanya untuk hari ini, akan tetapi para pramugari berulangkali berlatih menaikkan sudut bibir dengan cara mengigit pulpen,atau berlatih berbicara dengan lafal yang jelas.
        Ada tigal hal yang harus diingat untuk membentuk sebuah senyuman. Pertama, selalu lemaskan otot wajah dengan berlatih mengucapkan huruf vokal dengan memuka mulut lebar lebar. Kedua, tariklah sudut bibir sesering mungkin. Anda dapat mengetahui sudut mana yang tidak naik saat berkaca sambil tersenyum.
        Ketiga, lafalkan kata-kata yang membuat sudut bibir tertarik misal membunyikan huruf vokal a,i,u,e,o.
     
    • Pupil Mata yang Membesar dan Tatapan yang stabil 
        Mata adalah jendela hati. Lewat mata kita bisa menyampaikan isi hati dan membaca hati orang lain meskipun tanpa kata-kata. Biasanya pupil mata akan membesar saat kita merasakan kebaikan lawan bicara dan mengecil jika tidak memperhatikan atau merasakan kebaikan lawan bicara. Menurut percobaan, 78 dari 112 orang responden merasa foto dengan pupil mata yang lebih besar lebih menarik. Sebuah hasi yang menunjukkan pentingnya sorot mata. Tatapan yang stabil saat mengobrol juga sama pentingnya. Siapa yang mau mendengarkan orang yang berbicaraa dengan mata yang tidak fokus atau menatap keluar pintu dan atap? Pendengar juga perlu merasa bahwa orang yang sedang berbicara dengannya tertarik kepadanya.
    • Sikap Percaya Diri
           Salah satu kelemahan seseorang saat berbicara adalah sikap tubuhnya yang bungkuk. saat berbicara, tubuh harus tegak dan penuh percaya diri.
    • Gestur yang tepat
          Gestur tangan memberikan banyak makna bagi lawan bicara. Misalnya, tangan yang mengepal untuk menunjukkan maksud yang kuat atau tangan yang bergerak ke segala arah untuk mengarahkan pandangan. Gestur tangan yang baik biasanya memperlihatkan telapak tangan dan bergerak dari dalam keluar.
     
    MENGUBAH CARA BICARA, MENGUBAH HIDUP
     
    Pengakuan Kecil yang Menggema ke Pelosok Negeri
     
        Banyak orang menyebut Oprah Winfrey yang membawakan Oprah Winfrey Show terletak pada rasa simpatinya. Ia mengganti kekurangannya dengan ucapan hangat yang mampu merangkul dan menghibur lawan bicara. Operah Winfrey juga mempunyai masa lalu yang kelam, namun berkat ucapannya yang hangat dan jujur memperlihatkan lukanya sendiri, Operah mampu mengangkat acaranya kepuncak keberhasilan.   
     
    Latihan di Balik Panggung Gemerlap
     
        Berlatih tanpa henti untuk memperoleh presentasi dalam level terbaik itu yang dilakukan Steve Jobs dan merupakan aktor terbaik yang menampilkan akting sempurna di atas panggung. Seluruh gerak, persiapan, gambar, dan slide presentasinya membentuk kombinasi yang sempurna agar terlihat nyaman, percaya diri, dan natural di atas panggung. Presentasi adalah faktor penting yang menjadikan perusahaan apple berjaya seperti sekarang.
     
        Hidup akan berubah jika pemikiran berubah. Namun ada juga yang mengatakan bahwa perilaku penting dalam kehidupan. Jangan abaikan bahwa ucapan pun memiliki porsi yang sama pentingnya dengan pikiran dan perilaku.
        Peter Ferdinand Drucker berkata , "kemampuan terpenting bagi manusia adalah mengungkapkan dirinya.Satu hal yang kemungkinan dipastikan, hidup akan berubah dengan mengubah gaya bicara. 
     
    MENGUBAH YANG TIDAK MUNGKIN MENJADI MUNGKIN
     
        Pendapat dari Pelaku Terbaik di Bidang Speaking
        "Bila ingin sukses, berbicaralah seperti orang sukses. Kalian pasti memeiliki bidang yang ingin digeluti. Pilihlah satu orang yang sukses di bidangnya sebagai role model, entah itu siaran, hiburan, dakwah, manajemen, politik, atau yang lainnya. Berlatihlah berbicara layaknya orang sukses sambil mengingat orang tersebut. Dengan begitu, kalian akan pandai berbicara seperti orang sukses dan mewujudkan impian kalian."
        Dari Orang Biasa Menjadi Pakar Speaking.
        Karena sering mendengar suara kereta api menjadi hafal apakah itu kereta ekspress, kereta pelan, atau kereta ekonomi ~penulis. Mempelajari sesuatu yang saya kuasai dan sukai membuat waktu berlalu tanpa terasa.   Saya maksudnya penulis begitu bersemangat melatih suara sehingga mulai berbicara seperti seorang pengisi suara dalam kehidupan sehari-hari. Saya berlatih dirumah maupun di sekolah. Meskipun awalnya keluarga dan teman-teman yang mendengar merasa aneh, lama-lama mereka menerima dengan biasa saja. Inilah reaksi teman-teman saya.
      
        Mereka yang tadinya hanya berkata bahwa saya sekedar bagus, kini menganggap bahwa saya sudah seperti pengisi suara. saya memperoleh keyakinan bahwa menjadi pengisi suara bukanlah hal yang tidak mungkin. 
     

        Saya bisa menbanggakan kemampuan saya di berbagai bidang, seperti siaran radio dan iklan komersial.

        Berbicara Seakan Sudah Terwujud

        Sejak kecil, steven Speilberg sudah bercita-cita menjadi seorang sutradara film. Saat berusia 17 tahun, ia melakukan usaha baru untuk mewujudkan mimpinya, dan bergaya seperti sutradara film. Ia berpakaian layaknya seorang sutradara dan  keluar masuk perusahaan film. Gaya bicaranya pun mirip sekali dengan sutradara film. Orang-orang pun mengenalnya sebagai sutradara dan memintanya membuat film.

        Pakar pengembangan diri, Brian Tracy, mengatakan bahwa bertingkah seperti orang sukses adalah kunci menjadi sukses dan menyarankan untuk segera melakukan tiga hal.

        "Pertama, putuskanlah sekarang bahwa anda akan terlihat seperti orang sukses sebagaiman yang anda inginkan dari segala sisi, mulai dari pakaian hingga dandan. Kedua, carilah orang paling sukses di perusahaan anda dan ikutilah ia sebagai panutan. Ketiga berpakaianlah sepantasnya atau semampunya.

        Penulis buku Blessing of the Rainbow, Cha Dong Yeob pun berpendapat demikian. Dengan berpikir, seperti orang sukses dan berperilaku seolah tujuan sudah tercapai, maka akan datang hal yang mengejutkan kepada kita. Bertingkah seakan sudah terwujud.

        Berbicaralah seperti orang yang anda impikan. Berbicaralah dengan antusias dan bertingkah seolah anda telah sukses. Mulai sekarang, berbicara sambil membayangkan bahwa anda akan segera sukses.

     

    Sumber :

        Oh Su Hyang. Januari 2021. The secret habits to master your art of speaking "Bicara itu ada Seninya" Rahasia Komunikasi yang efektif. Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia. Jakarta. 

        

       

     


    Komentar

    Subscribe Our Newsletter